Daftar Blog Saya

Senin, 30 Januari 2023

BOM BUNUH DIRI DI MASJID PESHAWAR PAKISTAN

 


Sebuah bom bunuh diri meledak di sebuah masjid yang ramai di Peshawar Pakistan menewaskan sedikitnya 32 orang pada Senin, 30 Januari 2023 ,serangan terbaru yang menargetkan polisi di kota barat laut Pakistan. Pejabat rumah sakit mengatakan sedikitnya 147 orang terluka, dan banyak dari mereka dalam kondisi kritis. Setidaknya ada 260 orang sedang sembahyang di masjid itu, ketika bom meledak. Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas pengeboman, yang mengobrak-abrik masjid saat salat Dzuhur, menyebabkan dinding runtuh menimpa jamaah. Bangunan itu terletak di dalam kompleks berbenteng tinggi yang berada di lingkungan markas besar kepolisian provinsi dan departemen anti-terorisme.

Serangan itu merupakan yang terburuk di kota itu sejak Maret tahun lalu, ketika sebuah bom bunuh diri meledak di sebuah masjid Muslim Syiah saat salat Jumat menewaskan sedikitnya 58 orang dan melukai hampir 200 orang. Militan ISIS mengaku bertanggung jawab atas pengeboman tahun lalu  itu.



Peshawar, yang terletak di dekat perbatasan Pakistan dengan Afghanistan, sering menjadi sasaran kelompok militan termasuk Taliban Pakistan.

Kelompok yang dikenal sebagai Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) adalah payung kelompok Islam Sunni dan sektarian yang ingin menggulingkan pemerintah dan menggantinya dengan pemerintahan Islam model mereka sendiri.

TTP telah meningkatkan serangan sejak diakhirinya apa yang disebut kesepakatan damai tahun lalu dengan pemerintah Pakistan, yang difasilitasi oleh Taliban Afghanistan. TTP sering melakukan serangan yang menargetkan polisi dalam beberapa bulan terakhir. Pada bulan Desember, militan Islam merebut pusat kontra-terorisme di barat laut dan menggunakan sandera untuk bernegosiasi dengan otoritas pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar