Daftar Blog Saya

Minggu, 05 Februari 2023

SEKILAS ARAH LOKALITAS BERITA DAN KOMUNIKASI MASA DEPAN



Semakin kentara arah dan pola komunikasi masa depan condong kepada pemberitaan lokal yang diberi brand Civic News atau Civic Media, yang mengindikasikan fokus perhatian hidup "kewargaan" lokal. Suatu pendapat ahli menyatakan:

"Peluangnya sekarang adalah mengarahkan dan mempercepat transisi kepada sistem media sipil yang baru muncul. Ekosistem baru ini terlihat berbeda dari apa yang sedang digantikannya: sementara pasar komersial memusat pada monopoli informasi, yang muncul sekarang adalah jaringan pluralistik di mana informasi bersifat cair, layanan dibagikan, dan media dibuat bekerja sama dengan mereka yang dilayaninya".

Fokus pada “informasi kewargaan” dan “media kewargaan”, didefinisikan sebagai berikut:
Informasi Kewargaan: Informasi berkualitas tinggi dan dapat diverifikasi yang memungkinkan orang menanggapi kebutuhan kolektif dengan meningkatkan koordinasi lokal, penyelesaian masalah, sistem akuntabilitas publik, dan keterhubungan.
Media kewargaan: Setiap praktik yang menghasilkan informasi kewargaan sebagai fokus utamanya.

Praktisi media kewargaan dipersatukan oleh visi  di mana orang di mana saja diperlengkapi untuk meningkatkan komunitas mereka dengan akses berlimpah kepada informasi berkualitas tinggi, tentang keadaan darurat kesehatan dan keselamatan yang mendesak, lingkungan, orang-orang dan proses pelayanan pemerintahan lokal setiap hari. pelayanan sosial seperti kesehatan, pendidikan, dan transportasi. Dalam visi ini, pustakawan komunitas yang memfasilitasi percakapan seputar berita digital yang resmi dan tepercaya sama terkenalnya dengan reporter yang gigih mengejar berita.

Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan informasi kewargaan semua individu dan seluruh komunitas.
Suatu gambaran perbedaan karakteristik antara model komunikasi berita lama dan model kewargaan yang baru diringkas sbb.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar