Daftar Blog Saya

Rabu, 08 Februari 2023

GEOGRAFI INJIL MARKUS 7

 


Genasaret

Injil Mrk 6:53 menyebut Genasaret suatu pelabuhan. Sejarawan Yosephus menyebut “danau Genasar” (BJ 2.573; 3.463,506,515-516; Ant 5.84; 13.158;18.28,36). Injil Lukas juga menggunakan sebutan Danau Genasaret (Luk 5:1; bdk 1 Mak 11:67). Yang dimaksud adalah Danau/Laut Galilea.

Tirus dan Sidon  

Tirus salah satu kota pelabuhan utama di pantai Punisia. Tirus terletak di sebelah selatan Sidon. Sebagian dari kota itu merupakan pulau lepas pantai, dan sebagian lagi berada di daratan. Kota itu didiami penduduk sejak milenium ketiga SM dan merupakan salah satu kota dan pelabuhan terbesar pada milenium pertama SM.

      Sesudah gelombang serangan asing pada akhir milenium kedua yang menghancurkan Sidon, Tirus muncul sebagai pelabuhan utama Punisia dan disebut “Puteri Sidon” (Yes 23:12) karena ada begitu banyak pelarian dari Sidon berlindung di balik tembok-tembok kota. Benteng Tirus terkenal di seluruh Palestina (Yos 19:29; 2 Sam 24:7). Kapal-kapal orang Tirus mengunjungi pelabuhan-pelabuhan asing dn melakukan perdagangan antara lain kaca dan bahan-bahan warna yang terkenal, yang disebut warna Tirus. Hiram membangun suatu jalan yang menghubungkan bagian pulau dan daratan kotanya, memugar kuil-kuil dan meluaskan wilayah kekuasaan Tirus melalui politik kolonisasi yang agresif. Kemudian, pada abad kesembilan SM, Etbaal naik tahta dan mengawinkan puterinya Izebel dengan Ahab dari Israel (1 Raj 16:31). Perkawinan itu meluaskan praktik penyembahan Baal di Samaria dan memererat hubungan Tirus dengan Samaria hingga kematian Izebel (1 Raj 16:32-33; 2 Raj 9:30-37).

      Kemerosotan Tirus dimulai dengan munculnya Asyur yang menuntut upeti dari Tirus sekitar tahun 841 SM. Akhirnya kota itu jatuh ke tangan Asyur pada tahun 724 SM di bawah Sargon II dan kemudian ditundukkan Asyur lagi ada tahun 701 SM di bawah Sanherib. Esarhadon mengangkat seorang Asyur sebagai raja Tirus dan mendapatkan berbagai-bagai konsesi. Sebaliknya, Tirus memeroleh hak-hak khusus yang sangat luas untuk melakukan perdagangan di Laut Tengah. Berkali-kali para Nabi menyampaikan keputusan hukuman Allah atas Tirus (Am 1:9-10; Yl 3:4-8; Za 9:2-4).

      Setelah hancurnya Yerusalem pada tahun 586 SM, bangsa Babilonia di bawah Nebukadnezar mengepung Tirus selama tiga belas tahun hingga kota itu menyerah (586-573 SM). Kemudian, di bawah bangsa Persia, Sidon bangkit lagi hingga melebihi Tirus. Kejadian besar terakhir di dalam sejarah kota terkenal itu adalah pada tahun 332, ketika Aleksander Agung mengepung kota itu selama tujuh bulan dan akhirnya merebut kota daratan dalam suatu perjuangan yang nyaris legendaris. Tirus tidak begitu berperan di dalam Perjanjian Baru. Yesus mendapat pengikut dari Sidon dan Tirus (Mrk 3:8). Ia juga mengunjungi kawasan itu (Mrk 7:24) dan menyatakan bahwa kota itu niscaya bertobat seandainya menyaksikan mujizat-mujizat yang telah dilakukanNya di Palestina (Mat 11:21-22). 

Dekapolis

Bahasa Yunani, artinya “Sepuluh kota.”

Gabungan wilayah sepuluh kota berbudaya Yunani terutama di timur dan selatan Laut Galilea; terbentang dari Damsyik di sebelah utara ke Filadelfia di sebelah selatan. Kota-kota itu dulunya didirikan oleh tentara Yunani setelah peperangan dan kematian Aleksander Agung. Sesudah Roma menaklukkan Palestina pada tahun 63 SM Pompeyus membuat gabungan wilayah itu sebagai suatu garis strategis perbatasan. Walaupun anggota-anggotanya berlainan di berbagai masa (dan kadang-kadang lebih dari sepuluh kota), Plinius Tua (Nat 5.18.74) membuat catatan anggota Sepuluh Kota adalah : Damsyik, Hipo, Gadara, Pela, Skitololis, Rafana, Kanata, Filadelfia, Dion, dan Gerasa. Yesus dua kali membuat mujizat di Dekapolis: Ia mengusir setan-setan keluar dari tubuh seseorang dari kota Gerasa yang kerasukan (Mrk 5:1-20), dan menyembuhkan “seorang yang tuli dan gagap” (Mrk 7:31-37; lihat juga Mat 4:25).

Lihat Peta: Geografi Injil Markus Hari ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar